Kembangkan Profesionalisme, Pengacara Muda Nganjuk Ikuti Pelatihan Kurator HKPI

nganjuksatu, 22 Aug 2019,
Share w.App T.Me

NGANJUK - Pelatihan Profesi Kurator yang diselenggarakan oleh Himpunan Kurator dan Pengurus Indonesia (HKPI) angkatan 5 tahun 2019 bertempat di JW Marriott Hotel terselenggara atas Rekomendasi Komite Bersama Departemen Hukum dan Ham Republik Indonesia.

saat acara pembukaan Ketua Umum HKPI Soedeson Tandra mengatakan pelatihan ini merupakan tahap lanjutan dari kegiatan HKPI sebelumnya yang mana pelatihan ini menitikberatkan kualitas dan profesionalitas. "Nanti calon anggota yang menjadi kurator dan pengurus diharapkan berkemampuan tinggi dalam ilmu dan etika," kata Soedeson di Hotel JW Marriot Jakarta, Senin (29/7/2019),Soedeson mengingatkan profesionalitas dan etika sangat penting untuk menopang para anggota dan kurator sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga HKPI. Karena itu, ia berharap para peserta dapat belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa lulus ujian kali ini.

Sementara itu Dirjen AHU Kemenkumham Cahyo R. Muzhar mengusulkan metode pelatihan yang dilakukan HKPI. Menurutnya, pelatihan yang diadakan oleh organisasi ini tidak hanya simbolis, tetapi memang terlihat jelas ingin melahirkan para kurator dan pengurus yang kompeten dengan profesinya serta menjunjung tinggi etika,Menurut Cahyo, profesi kurator dan pengurus cukup penting sesuai dengan kebutuhan Indonesia di masa depan. Kurator dan pengurus yang handal dan profesional bukan hanya menguntungkan debitur / kreditur atau klien bebas, tetapi juga mendukung di dunia internasional.

Posisi Indonesia saat ini, kata Cahyo, terus bergerak maju memberi kemudahan bergerak bagi para investor baik dalam maupun luar negeri. Untuk menunjang hal itu, perlu individu yang andal dalam setiap profesi yang dijalani termasuk didalamnya kurator dan pengurus.

Lantaran menarik profesi kurator dan pengurus, Bank Dunia pun meminta profesi ini sebagai daerah yang harus direformasi. "Untuk mendorong disiplin dan kejujuran bidang keuangan. Melindungi hak pihak atas dasar mengapa Bank Dunia memasang peringkat kepailitan dari 10 bidang bisnis yang perlu direformasi di wilayah negara," kata dia.

Pemerintah, kata Cahyo saat ini sedang memperbaiki peraturan di sektor bisnis agar konservasi di Indonesia terus berkembang. Salah satunya, RUU Kepailitan yang kompatibel dengan memasukkan fitur atau elemen yang dianggap perlu sebagai pendukung.

Sementara Prayogo Laksono salah satu Peserta pelatihan (asal Nganjuk Jatim)  kompilasi media ini menyampaikan, yang dianggap sebagai advokat harus mampu mengembangkan diri dan profesionalisme pekerjaanya, terlebih di zaman sekarang dengan  perkembangan dunia usaha yang tidak terbendung jumplahnya, oleh karenanya meningkatan profesionalisme baginya adalah sangat penting suatu hal yang harus dicapai untuk menjawab berbagai tantangan dunia usaha.

Menurutnya meskipun penuh perjuangan Lega rasanya bisa menyelesaikan pelatihan ini sampai tuntas, Pelatihan ini sangat berat ketentuan kelulusanya, Ketatnya ujian profesi ini dikarenakan organisasi HKPI ini ingin membentuk para kurator yang handal, profesional, dan berintegritas Yang  menitikberatkan pada kode etik dan profesi sebagai pedoman dan prosedur beracara tepat.

dia berharap, Semoga kelak bisa menjadi kurator dan pengurus yang Amanah independen, memiliki integritas dan profesional dalam menjalankan profesi, serta menjalankan profesi dengan mendasarkan pada kode etik profesi kurator, Serta mampu menjaga Nama Baik Organisasi HKPI, ucap Prayogo.(red/kla) 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu